My Ekspression

My Ekspression
Talk Less Do More

Minggu, 17 Mei 2009

MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI SEBAGAI UPAYA GURU DALAM MENCIPTAKAN SISWA AKTIF DI SD ALAM INSAN MULIA SURABAYA (SAIMS)

MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI SEBAGAI UPAYA GURU DALAM MENCIPTAKAN SISWA AKTIF DI SD ALAM INSAN MULIA SURABAYA (SAIMS)
Undergraduate Theses from HUBPTAIN / 2009-03-12 19:50:33
Oleh : UMI FARIDA / NIM. DO3303034, IAIN Sunan Ampel
Dibuat : 2009-03-12, dengan 7 file

Keyword : MANAJEMEN PEMBELAJARAN
Skripsi dengan judul MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI SEBAGAI UPAYA GURU DALAM MENCIPTAKAN SISWA AKTIF di SD Alam Insan Mulia Surabaya Merupakan karya Umi Farida dari penelitian lapangan di SD Alam Insan Mulia Surabaya.

Adapun tujuan peneliti memilih judul tersebut karena ingin mengetahui sejauhmana manajemen pembelajaran PAI diterapkan di sekolah dan langkah-langkah yang digunakan dalam menciptakan siswa aktif. Adapun masalah yang diteliti yaitu: Bagaimana manajemen pembelajaran PAI di SD Alam Insan Mulia Surabaya, apa saja upaya guru yang di lakukan dalam menciptakan siswa aktif di SD Alam Insan Mulia Surabaya. Dan bagaimana manajemen pembelajaran PAI sebagai upaya guru dalam menciptakan siswa aktif di SD Alam Insan Mulia Surabaya.

Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan penelitian kualitatif secara deskriptif, dalam mencari data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi tentang manajemen pembelajaran PAI sebagai upaya guru dalam menciptakan siswa aktif di SD Alam Insan Mulia Surabaya.

Manajemen pembelajaran PAI di SD Alam Insan Mulia Surabaya adalah pembelajaran yang menggunakan pola tematik yang diselaraskan dengan pola perkembangan pemikiran anak. SD Alam Insan Mulia Surabaya juga menggupayakan untuk mengintegrasikan mata pelajaran, misalnya: materi pendidikan agama yaitu aqidah akhlaq. Dalam prakteknya, materi tersebut tidak langsung disampaikan secara sendiri tetapi disampaikan secara terpadu bersama materi lain.

Langkah-langkah guru dalam menciptakan siswa aktif yaitu menggunakan beberapa strategi diantaranya active learning, CTL, problem based learning, moving class. Sedangkan konsep pendidikannya menggunakan tiga konsep dasar yaitu integrated learning, joyfull learning, dan cooperatif learning.
http://digilib.sunan-ampel.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=hubptain-gdl-umifaridan-7781
Pada tanggal 12 Mei 2009, pukul 22.14

0 komentar: