My Ekspression

My Ekspression
Talk Less Do More

Selasa, 12 Mei 2009

Evaluasi Multimedia Pembelajaran

Evaluasi Multimedia Pembelajaran
CHE
Istilah evaluasi mempunyai beberapa arti tergantung pada konteks penggunaanya. Dalam makalah ini, evaluasi diartikan sebagai satu proses yang berkelanjutan pada akhir pekerjaan, untuk menguji apa yang telah dilakukan sebelum siklus berikutnya dimulai. Ongoing evaluation merupakan bagian dari evaluasi yang penting untuk dilakukan dalam suatu proyek sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan. Evalausi ini bersifat non formal dan dilakukan selama proses proyek sedang berlangsung. Proses evaluasi digunakan untuk menetapkan nilai suatu objek yang sedang dievaluasi untuk mendapatkan nilai yang bisa disampaikan pada orang lain.
Evaluasi terhadap multimedia pembelajaran dapat ditinjau dari beberapa model desain dan pengembangan. Dibawah ini akan dijelaskan berdasarkan 3 model, yaitu:
Dalam buku Lee dan Owens, membagi evaluasi menjadi empat tingkatan, yaitu:
1. Reaksi (reaction)
Untuk mengetahui tanggapan dari peserta terhadap aktivitas yang yang telah dilakukan, sehingga dapat memperbaiki aktivitas berikutnya.
2. Pengetahuan (knowledge)
Untuk mengukur tingkat pencapaian yang berhubungan dengan tingkatan isi dan ketrampilan dari aktivitas yang telah dilakukan.
3. Kinerja (performance)
Mengukur perubahan perilaku atau sikap sebagai hasil dari pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh selama aktivitas berlangsung.
4. Dampak (impact)
Mengukur dampak yang menjadi keuntungan dari aktivitas yang telah dilakukan.
Untuk melakukan evaluasi multimedia pembelajaran, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan
yaitu sebagai berikut:

1. Tujuan evalusi (purpose of evaluation)
Untuk langkah pertama ini, prosedur yang perlu dilakukan; 1) Menentukan tujuan dari solusi,
2) Mengidentifikasi variabel-variabel pengukuran yang bersifat individu daripada yang organisasi, dan
3) Menentukan apakah solusi akan digunakan secara komersial.
4). Strategi evaluasi (evaluation starategy)
Prosedur yang perlu dilakukan; 1) Menulis pendahuluan, 2) Menentukan persyaratan evaluasi, dan 5) Menentukan sumber.

3. Rencana evaluasi (evaluation plan)
Prosedur yang perlu dilakukan; 1) Melengkapi bagian dari masalah, 2) Melengkapi bagian dari solusi, 3) Melengkapi bagian sasaran hasil, 4) Melengkapi komponen yang berhubungan dengan rencana evaluasi, dan 5) Melengkapi ringkasan.
4. Pengukuran validitas (measures of validity)
Prosedur yang perlu dilakukan; 1) Menentukan tingkatan dan jenis kebutuhan, 2) Menentukan instrumen pengukuran, dan 3) Membuat keputusan.
5. Pengembangan instrumen (instrument development)
Prosedur yang perlu dilakukan; 1) Memilih jenis pengukuran, 2) Mengembangkan instrumen pengukuran, 3) Memperhitungkan lamanya pengembangan instrumen, 4) Memperhitungkan ketahanan dari tiap item, 5) Memutuskan instrumen apa yang akan dipakai, dan 6) Menetapkan dokumen yang dipakai dalam rencana evaluasi.
6. Analisis dan pengumpulan data (collecting and analyzing data)
Prosedur yang perlu dilakukan; 1) Menyiapkan database, 2) Mengembangkan rencana evaluasi, 3) Mengumpulkan dan menyusun data, 4) Menginterpretasikan data, dan 5) Menemukan dokumen.



http://www.candilaras.co.cc/2008/12/evaluasi-multimedia-pembelajaran.html
Pada tanggal 10 Mei 2009, pukul 15.36

0 komentar: