My Ekspression

My Ekspression
Talk Less Do More

Selasa, 12 Mei 2009

Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi Pembelajaran
Berhubungan dengan evaluasi kurikulum yang telah diposting beberapa waktu kemarin akan dilanjutkan pada evaluasi pendidikan dan evaluasi pembelajaran yang mana uriaanya adalah sebagai berikut:

Evaluasi adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan nilai, kriteria-judgment atau tindakan.
• Penilaian untuk menentukan kualitas
• Pengukuran untuk menetukan kuantitas

Evaluasi memiliki beberapa prinsip dasar yaitu ;
• Evaluasi bertujuan membantu pemerintah dalam mencapai tujuan pembeljaran bagi masyrakat.
• Evaluasi adalah seni, tidak ada evaluasi yang sempurna, meski dilkukan dengan metode yang berbeda.
• Pelaku evaluasi atau evaluator tidak memberikan jawaban atas suatu pertanyaan tertentu. Evaluator tidak berwennag untuk memberikan rekomendasi terhadap keberlangsungan sebuah program. Evaluator hanya membantu memberikan alternatif.
• Penelitian evaluasi adalah tanggung jawab tim bukan perorangan.
• Evaluator tidak terikat pada satu sekolah demikian pula sebaliknya.
• evaluasi adalah proses, jika diperlukan revisi maka lakukanlah revisi.
• Evaluasi memerlukan data yang akurat dan cukup, hingga perlu pengalaman untuk pendalaman metode penggalian informasi.
• Evaluasi akan mntap apabila dilkukan dengan instrumen dan teknik yang aplicable.
• evaluator hendaknya mampu membedakan yang dimaksud dengan evaluasi formatif, evaluasi sumatif dan evaluasi program.
• Evaluasi memberikan gambaran deskriptif yang jelas mengenai hubungan sebab akibat, bukan terpaku pada angka soalan tes.
Evaluasi memiliki beberapa fungsi yaitu ;
• Fungsi normatif : berfungsi untut perbaikan sistem pembelajaran
• Fungsi diagnostik : untuk mengetahui faktor kesulitan siswa dalam prose pembelajaran
• Fungsi sumatif : berfungsi untuk mengetahui tingkat kemampuan peserta didik
• Fungsi penempatan

Adapun prinsip prinsip evaluasi
• Objektif : sesuai dengan kemampuan siswa
• Kontinuitas : berkesinabungan
• Komperhensif : berkaitan dengan sikap nilai
• Praktis : praktis digunakan penidik dan peserta didik
• Akuntabilitas : tanggung jawab

Karakteristik alat ukur
Validitas : ketepatan
Realibilitas : ketetapan
Praktis
Diskriminatif
Bentuk eveluasi




http://apadefinisinya.blogspot.com/2008/11/evaluasi-pembelajaran.html
Pada tanggal 10 Mei 2009, pukul 15.24

0 komentar: